REKAYASA
PERANGKAT LUNAK
RPL atau Software Engineering (SE) à
Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari
tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Ada
2 istilah kunci disini :
- “Disiplin rekayasa” Perekayasa membuat suatu alat bekerja. Menerapkan teori, metode, dan alat bantu yang sesuai, selain itu mereka menggunakannya dengan selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan.
- “Semua aspek produksi perangkat lunak” RPL tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti Manajemen proyek PL dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
Perbedaan antara RPL dengan
Computer Science ?
Intinya,
computer science berhubungan dengan teori dan metode yang mendasari sistem
komputer dan perangkat lunak, sedangkan RPL berhubungan dengan praktek dalam
memproduksi perangkat lunak.
Perbedaan
RPL dengan Rekayasa Sistem ?
Rekayasa
sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk
hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang
meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada
sistem.
Model atau paradigma umum pada
proses PL
1.
Model
air terjun (waterfall)à Mengambil kegiatan dasar seperti
spesifikasi, pengembangan, validasi, dan evolusi dan merepresentasikannya
sebagai fase-fase proses yang berbeda seperti spesifikasi persyaratan,
perancangan perangkat lunak, implementasi, pengujian dan seterusnya.
2.
Pengembangan
evolusionerà Pendekatan ini berhimpitan dengan
kegiatan spesifikasi, pengembangan, dan validasi. Sistem awal dikembangkan
dengan cepat dari spesifikasi abstrak. Sistem ini kemudian di perbaiki dengan
masukan dari pelanggan untuk menghasilkan sistem yang memuaskan kebutuhan
pelanggan.
3.
Pengembangan
Sistem Formal à Pendekatan ini menghasilkan suatu
sistem matematis yang formal dan mentransformasikan spesifikasi ini, dengan
menggunakan metode matematik menjadi sebuah program.
4.
Pengembangan
berdasarkan pemakaian ulang (Reusable) à Teknik ini menganggap bahwa
bagian-bagian sistem sudah ada. Proses pengembangan sistem terfokus pada
pengintegrasian bagian-bagian sistem dan bukan pengembangannya dari awal.
Pengembangan Perangkat Lunak
·
Pengembangan perangkat lunak adalah
suatu proses dimana kebutuhan pemakai diterjemahkan menjadi produk perangkat
lunak.
·
proses pengembangan perangkat lunak:
–
Menentukan APA yang harus dikerjakan
oleh perangkat lunak dalam satu rentang waktu tertentu.
–
Mendefinisikan BAGAIMANA perangkat lunak
dibuat, mencakup arsitektur perangkat lunaknya, antarmuka internal, algoritma,
dan sebagainya.
–
Penerapan (penulisan program) dan
pengujian unit-unit program.
–
Integrasi dan pengujian modul-modul
program.
–
Validasi perangkat lunak secara
keseluruhan (pengujian sistem).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar